27 Jun 2008

Merakit Komputer sendiri

Setelah semua perangkat diatas tersedia ,tinggal kita merakitnya langkah-langkahnya sbb:
1. Bukalah casing baru, kemudian siapkan baut-bautnya dalam sebuah wadah agar tidak berceceran.
2.Memasang motherboard
Masukan Motherboard pada Casing dengan membaut pada lubang yang tersedia, agar motherboard(mb) tidak langsung nempel pada casing, sebaiknya antara mb dengan casing diberi lapisan berupa gabus tipis.
3.Memasang Processor
Setelah Motherboar terpasang bukalah pin pada lubang processor, masukan processor pada tempatnya dengan melihat ujung processor yang tak berpin disesuaikan dengan ujung soket processor.
4.Memasang Kipas processor
Setelah processor terpasang jangan lupa memasang fan processot dengan menekan pada ujung kaki kipas lalau putar kekiri atau kanan 30 derajat (sampai terkunci) semuanya 4 kaki kipas terkunci secara kuat.
5. Memasang Power VGA card
Jika vga anda tidak on board masukan vga pada slot AGP, dan PCI jika vga anda PCI.
6. Memasang Soundcard
Jika soundcard anda tidak onboard masukan soundcard pada slot PCI.
7.Memasang RAM
Masukan RAM pada slot memory yang tersedia, hati-hati jangan sampai terbalik dapat mengakibatkan patah.
8.Memasang harddisk
Pasanglah harddisk pada posisi yang longgar dibawah, agar ada sirkulasi udara, kalau perlu tambahlah fan dibagian bawah harddisk.

9.Memasang Power supply
Pasang power suply dengan tapat, dan pasangkan slot Power mb dengan pas, jangan lupa pasang slot ATX nya. Pasang sekalian power harddisk, power CD/DVD serta power floppy jika tersedia.

10.Memasang swit power dan kabel IDE harddisk
Pasang kabel SWITE (power,reset, lampu hdd, lampu power)Pada casing ke motherboard sesuai petunjuk buka manual board, kemudian pasang kabel ide harddisk serta IDE CD/DVD.

11. Install System Setelah semua terpasang cobalah dengan memasukan kabel power ke cpu dan monitor ke vga. lalu nyalakan apabila bunyi tit, dan muncul tulisan Insert disk system, berarti anda sukses merakit sendiri, tinggal melakukan instalasi.
Bootinglah komputer lalu tekan del untuk masuk ke bios cari menu boot priority lalu pilih cdrom lalu tekan tombol plus agar CD/DVD berada paling atas. setelah itu simpan F10 atau save setting. lalu restart
Masukan CD windows XP atau Vista, lalu tunggu hingga muncul press any key to boot with CD..., tekanlah tombol bebas, lalu ikuti petunjuk install windows.
jangan lupa install driver vga dan soundcard yang telah disediakan pabriknya.

12. Install Sofware Aplikasi
Setelah windows atau system lain terpasang , installah program sesuai kebutuhan anda
lalu bootinglah komputer dan lihatlah hasilnya.

CUKUP MUDAHKAN MERAKIT KOMPUTER SENDIRI
SELAMAT MENCOBA!...

by roziqin Pekalongan Batang